Kamis, 30 Oktober 2008

KETIKA LAHIR SIBUAH HATI

Sembilan bulan serasa lama menanti,menunggu kehadiran belahan jiwa, warna warni senyum,ria,gembira terpahat indah di rona wajah keluarga. Alhamdulillah itulah lantunan sebagai rasa syukur kepada yang maha kuasa, air mata pun menetes mengimbangi rasa syukur betapa bahagia. Pengharapan, permintaan, roja' keselamatan tak pernah absen dibarengi usaha dan do'a. Segala sesuatu sudah rapi dipersiapkan sehingga gamis tempahan maroko pun siap disajikan, abaya Saudi Arabia tinggal menunggu kelahiran, ibarat seorang Raja/Ratu permadani Zabarjad pun dibentangkan menyambut kedatangan. Begitulah expresi kebahagian betapa dan betapa sebuah keluarga menanti,menyambut kelahiran anak belahan jiwa. Islam menuntun bagaimana belahan jiwa itu setelah kelahirannya sebagaimana yang telah ddipraktekkan Rosululloh Saw ketika lahir cucunya Husein Ra :

عن أبي رافع رضي الله عنه مولى رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم أذن في أذن الحسين بن علي حين ولدته فاطمة بالصلاة رضي الله عنهم. (قال الترمذي حديث حسن صحيح)

Aku (Abi Rofi') melihat rosululloh Saw azan di telinga Husein setelah dilahirkan putrinya Patimah rodiyyallohu 'anhum ajma'in. Dalam hal ini berbeda pendapat ulama cara mengazankannya yang masyhur di kalangan madzhab Imam Syafi'i yaitu Azan di telinga kanan dan Iqomah di telinga kiri. Kemudian bagi keluarga sangat bagus memberikan manisan semisal kurma dan madu kepada bayi, sebagaimana yang dipraktekkan Rosululloh Saw ketika lahir putra Asma' Binti Abu Bakar yaitu dengan mengunyah kurma lalu Rosululloh Saw meludahinya dan memamahkannya kepada bayi Asma' binti Abu Bakar dan seterusnya mendo'akan bayi tersebut. Setelah hari ke tujuh kelahiran disunnahkanlah memberi nama, menyunatnya, mencukur rambutnya dan mengaqiqahinya bagi orang yang mampu, mampu dalam hal ini seperti mampu membayar zakat fitrah. Sunah memberikan nama yang bagus-bagus kepada anak dengan hadist Rosululloh Saw Yang berbunyi :

انكم تدعون يوم القيامة بأسمائكم و أسماء آبائكم فأحسنوا أسمأكم (رواه أبو داود باسناد جيد)

Sesungguhnya pada hari kiamat kamu akan dipanggil dengan nama-nama kamu, dan nama bapak-bapak kamu maka baguskanlah nama-nama kamu.

ان احب اسمائكم الى الله عز وجل عبد الله وعبد الرحمن (رواه البخاري و مسلم)

Sungguh nama yang paling disukai Allah Azza Wa Jalla adalah Abdullah dan Abdurrahman. Dan hadist-hadist lain yang telah datang memberikan gambaran nama-nama bagus seperti hadist yang menyuruh memberi nama dengan nama-nama Nabi dll. Semoga bermanfa'at wallohu a'lam bissowab.

Tidak ada komentar: